Literasi Statistik Melalui Program Desa Cantik di Kecamatan Mangkubumi - News - BPS-Statistics Indonesia Tasikmalaya Municipality

To get BPS data, please come to BPS-Statistics Tasikmalaya Municipality. The service is open every Monday-Friday at 08.30-15.30.

Welcome to BPS-Statistics Tasikmalaya Municipality

Tasikmalaya Municipality latest macro indicators: TPT (6.55%); Percentage of poor people (11,53%); HDI (75,47); LPE (5.96%); Inflation rate (2.84%).

Literasi Statistik Melalui Program Desa Cantik di Kecamatan Mangkubumi

Literasi Statistik Melalui Program Desa Cantik di Kecamatan Mangkubumi

November 28, 2023 | Other Activities


Program Desa Cinta Statistik atau disingkat Desa Cantik hadir guna mewujudkan pembinaan statistik sektoral di tingkat desa secara berkesinambungan dan komprehensif. Desa Cantik merupakan program percepatan nasional yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas desa dalam mengidentifikasi kebutuhan data dan potensi yang dimiliki desa, salah satunya dalam rangka mengentaskan kemiskinan. 


Terdapat beberapa langkah nyata yang telah dilakukan oleh BPS Kota Tasikmalaya dalam rangka mengimplementasikan pembinaan Desa Cantik. Pertama, melakukan pembentukan tim kerja serta menyusun rencana kerja. Kedua, melakukan sosialisasi dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, terutama Camat Mangkubumi untuk meningkatkan literasi, kesadaran, dan peran aktif dalam penyelenggaraan kegiatan statistik. Ketiga, berkoordinasi dengan instansi terkait di Kota Tasikmalaya untuk mengoptimalkan penggunaan dan pemanfaatan data statistik yaitu pemanfaatan data profil kelurahan yang dilengkapi data padu padan yang dimiliki Kota Tasikmalaya, sehingga program pembangunan di kelurahan dapat berjalan tepat sasaran. 


Langkah berikutnya adalah melakukan konsolidasi kepada kelurahan-kelurahan terpilih untuk membentuk agen-agen statistik pada level kelurahan dengan melakukan identifikasi kebutuhan data dalam program prioritas yang akan dilakukan oleh kelurahan. Melalui program pembinaan Desa Cantik, diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran yang tinggi akan pentingnya statistik yang diiringi dengan manajemen data yang rapi, sistematik dan tepat guna untuk penggunaan dana desa yang efektif dan efisien. Tentunya untuk mewujudkan hal tersebut, perlu adanya dukungan dan kontribusi dari berbagai pihak, mulai dari Pemerintah Daerah Kota Tasikmalaya, perangkat kelurahan dan kecamatan, hingga masyarakat desa setempat.


Acara sosialisasi yang diadakan di Kecamatan Mangkubumi dilaksanakan pada 23 November 2023 di Aula Kecamatan Mangkubumi, dengan peserta seluruh operator kelurahan yang ada, pihak kecamatan, serta tim desa cantik BPS Kota Tasikmalaya yang dipimpin oleh statistisi ahli madya, Panca Oktianti, M.M.. Dalam sambutannya, Panca Oktianti menjelaskan betapa pentingnya peran data hingga level kelurahan karena dapat menunjang seluruh kegiatan yang berhubungan dengan kesejahteraan masyarakat.


#BPS KoTas Hebat

#Keep it up !!!

#Lebih Cepat, Lebih Tepat, Lebih Baik

#Jadikan Prestasi Menjadi Sebuah Tradisi

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kota TasikmalayaJl. Sukarindik No. 71 Tasikmalaya 46151

Jawa Barat - IndonesiaE-mail: bps3278@bps.go.idTelp: +62 265 346022Fax: +62 265 346031

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia