Fenomena Perpisahan Sekolah pada Akhir Tahun Ajaran Sekolah - News - BPS-Statistics Indonesia Tasikmalaya Municipality

To get BPS data, please come to BPS-Statistics Tasikmalaya Municipality. The service is open every Monday-Friday at 08.30-15.30.

Welcome to BPS-Statistics Tasikmalaya Municipality

Tasikmalaya Municipality latest macro indicators: TPT (6.55%); Percentage of poor people (11,53%); HDI (75,47); LPE (5.96%); Inflation rate (2.84%).

Fenomena Perpisahan Sekolah pada Akhir Tahun Ajaran Sekolah

Fenomena Perpisahan Sekolah pada Akhir Tahun Ajaran Sekolah

June 25, 2024 | Other Activities


Sudah menjadi tradisi, setiap sekolah menyelenggarakan perpisahan sekolah setiap tahunnya. Dari tingkat TK sampai tingkat Perguruan Tinggi menyelenggarakan perpisahan sekolah dengan berbagai acara. Setiap siswa menjadikan perpisahan sekolah sebagai momentum ucapan terima kasih kepada guru yang telah mengajar dan mendidik mereka. Siswa juga menyampaikan permintaan maaf kepada guru, atas segala kenakalan dan ketidakpatuhan selama menjadi siswa. Selanjutnya, siswa pun meminta doa dan restu agar ilmu yang sudah diperoleh menjadi bermanfaat dan menjadi bekal untuk kehidupan di masa mendatang. Siswa juga akan berpisah dengan seluruh teman dalam satu angkatan. Keberadaan teman sangat penting selama bersekolah karena teman adalah orang yang paling dekat. Banyak hal menyenangkan telah dilakukan bersama teman seperti berbagi cerita, bermain, termasuk belajar bersama. Acara ini akan menjadi kegiatan terakhir bersama teman-teman sebelum berpisah untuk melanjutkan ke sekolah yang berbeda. 


Ada ungkapan yang mengatakan bahwa sekolah seperti rumah kedua bagi siswanya. Para guru juga menjadi orang tua kedua. Dengan rutinitas yang setiap hari pergi ke sekolah, bertemu guru dan teman-teman serta staf sekolah, setiap siswa pasti merasa sekolah adalah rumah. Kepercayaan para orang tua juga memiliki pengaruh yang besar terhadap sekolah itu sendiri. Pada acara perpisahan itulah merupakan waktu yang tepat untuk mengembalikan siswa secara resmi kepada orang tuanya. Pesan moral dan motivasi pihak sekolah sangat berarti bagi siswa dan orang tua siswa sebelum melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Perpisahan sekolah merupakan momentum yang sangat penting bagi semua pihak. Seperti kata pepatah, setiap perjumpaan pasti ada perpisahan. Namun perpisahan akan selalu mengajarkan kita untuk menghargai bahwa setiap detik kebersamaan adalah anugerah.


Dari segi statistik pendidikan di Kota Tasikmalaya, jumlah murid SD pada tahun ajaran 2023/2024 sebanyak 62.476 orang, jumlah murid SMP sebanyak 28.619 orang, dan jumlah murid SMA sebanyak 16.582 orang. Jumlah guru pada tahun ajaran 2023/2024 tingkat SD sebesar 3.108 orang, tingkat SMP sebanyak 1.781 orang, dan tingkat SMA sebanyak 1.005 orang.


Dilihat dari jumlah sekolah pada tahun ajaran 2023/2024, di Kota Tasikmalaya ada sebanyak 226 SD/sederajat, 88 SMP/sederajat dan 28 SMA/sederajat.


#BPSKotasHebat

#Keepitup!!!

#LebihCepat, LebihTepat, LebihBaik

#JadikanPrestasiMenjadiSebuahTradisi

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kota TasikmalayaJl. Sukarindik No. 71 Tasikmalaya 46151

Jawa Barat - IndonesiaE-mail: bps3278@bps.go.idTelp: +62 265 346022Fax: +62 265 346031

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia