Serunya Supervisi Ramai-Ramai - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Tasikmalaya

Untuk mendapatkan data BPS silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kota Tasikmalaya. Pelayanan dibuka untuk umum setiap hari Senin-Jum'at jam 08.30-15.30. 

Selamat Datang di Website BPS Kota Tasikmalaya

Indikator makro terkini Kota Tasikmalaya: TPT (6,55%); Persentase penduduk miskin (11,53%); IPM (75,47); LPE (5,96%); Laju inflasi (2,84%).

Serunya Supervisi Ramai-Ramai

Serunya Supervisi Ramai-Ramai

27 April 2022 | Kegiatan Statistik Lainnya


Keterangan Gambar:  Dari Kiri ke Kanan: Direktur Direktur Statistik Kesejahteraan Sosial (Kesra) BPS RI, Kepala BPS Kota Tasikmalaya, dan Integrasi Pengolahan Data Statistik (IPDS) BPS Provinsi Jawa Barat



Tasikmalaya, Jumat 22 April 2022. Di tengah kegiatan pengolahan Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) Panel bulan Maret 2022, BPS Kota Tasikmalaya kedatangan tamu istimewa, Direktur Statistik Kesejahteraan Sosial (Kesra) BPS RI, Ahmad Avenzora, SE, MSE.  Turut mendampingi, Koordinator Fungsi Integrasi Pengolahan Data Statistik (IPDS) BPS Provinsi Jawa Barat, Yudi Purbosari, SST, M.Si, beserta jajarannya. Dari BPS Provinsi tim koordinasi fungsi statistik sosial juga sedang melakukan supervisi pengolahan Susenas Maret 2022 ke BPS Kota Tasikmalaya. Kunjungan ini terasa istimewa karena bersamaan juga dengan supervisi administrasi oleh 3 (tiga) orang Tim Subbagian Umum BPS Provinsi Jawa Barat. 

Kunjungan pengawasan pengolahan Susenas Maret 2022 ini diterima langsung oleh Kepala BPS Kota Tasikmalaya, Bambang Pamungkas, beserta para koordinator fungsi. Pada kunjungannya, Ahmad Avenzora menyempatkan menyapa seluruh pegawai BPS Kota Tasikmalaya. Bertempat di Aula kantor BPS Kota Tasikmalaya, Kepala BPS Kota Tasikmalaya, Bambang Pamungkas, memoderatori langsung cara ramah tamah kunjungan.

Seolah mendapatkan suntikan semangat, tim pengolah (petugas entry dan validator) Susenas Maret 2022, BPS Kota Tasikmalaya berkomitmen segera menyelesaikan pengolahan dari target 740 dokumen rumah tangga (sebelum due date tanggal 27 April 2022).

Tidak hanya tentang Susenas, acara ramah tamah ini juga berisi wejangan Direktur Statistik Kesra BPS RI untuk pegawai BPS Kota Tasikmalaya agar senantiasa berkinerja baik, bekerja sesuai SOP (Standard Operational Procedure) dan tidak melakukan moral hazard dalam setiap tahapan pengumpulan, pengolahan dan penyajian data. Moral hazard akan mengakibatkan data BPS tidak akurat, tidak berkualitas dan tidak dapat dipercaya. “Yang menanggung kerugian dari beban dari moral hazard ini bukan hanya generasi sekarang, tapi juga generasi mendatang”, tegas Ahmad Avenzora

Kegiatan ramah-tamah ini berjalan seru karena jadi ajang curhat pegawai BPS terkait keterbatasan komputer di ruang pengolahan, molornya jadual pelatihan namun tidak diikuti perpanjangan waktu pengolahan. Juga, harapan agar ke depan, BPS dapat memfasilitasi untuk pengadaan souvenir untuk responden, khususnya untuk kegiatan survei panel (kunjungan berulang ke responden). AR


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota TasikmalayaJl. Sukarindik No. 71 Tasikmalaya 46151

Jawa Barat - IndonesiaE-mail: bps3278@bps.go.idTelp: +62 265 346022Fax: +62 265 346031

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik