Hujan, Senja, dan Sensus Pertanian 2023 - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Tasikmalaya

Untuk mendapatkan data BPS silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kota Tasikmalaya. Pelayanan dibuka untuk umum setiap hari Senin-Jum'at jam 08.30-15.30. 

Selamat Datang di Website BPS Kota Tasikmalaya

Indikator makro terkini Kota Tasikmalaya: TPT (6,55%); Persentase penduduk miskin (11,53%); IPM (75,47); LPE (5,96%); Laju inflasi (2,84%).

Hujan, Senja, dan Sensus Pertanian 2023

Hujan, Senja, dan Sensus Pertanian 2023

29 Mei 2023 | Kegiatan Statistik


Tasikmalaya-Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tasikmalaya kembali menggelar pelatihan petugas PAPI Sensus Pertanian (ST) 2023 gelombang kedua di Hotel Santika dan Horison, Tasikmalaya (28/05/2023). 


Pelatihan petugas PAPI Sensus Pertanian 2023 gelombang kedua dilaksanakan selama 3 hari efektif mulai tanggal 28 s.d 30 Mei 2023. Materi akan disampaikan oleh Instruktur Daerah (Inda) yang sudah melalui proses pelatihan dan seleksi yang panjang. 


Sensus Pertanian (ST) 2023 ini merupakan pendataan seluruh keluarga pertanian di Indonesia. Pelatihan petugas menjadi sangat penting, karena pada saatnya nanti petugas yang akan melakukan pendataan di lapangan wajib memiliki konsep dan definisi yang sama, serta memahami metodologi pelaksanaan lapangan dengan baik.


Pembukaan pelatihan dipusatkan pada Hotel Santika dibuka oleh Kepala BPS Kota Tasikmalaya Bambang Pamungkas, S.ST dan dihadiri oleh Inda, panitia, serta peserta pelatihan. Pada Gelombang kedua yang diikuti oleh 160 peserta pelatihan yang terdiri dari Koordinator Kecamatan (Koseka), Petugas Pemeriksa Lapangan (PML), dan Petugas Pencacah Lapangan (PCL) yang berasal dari 5 (lima) kecamatan, yaitu Tamansari, Kawalu, Mangkubumi, Bungursari, dan Cihideung.


Dalam sambutannya, Bambang Pamungkas menyampaikan 4 (empat kompetensi) yang harus dimiliki oleh kita semua yaitu berfikir kritis, berfikir kreatif, komunikatif, dan kolaboratif. Mengakhiri sambutan, Bambang Pamungkas menyampaikan sebuah puisi tentang hujan, senja, dan Sensus Pertanian. 


“…. 

Seperti langit yang menerima senja apa adanya,

Petugas sensus pertanian bekerja dengan cepat tepat untuk memberikan kebaikan,

Mengumpulkan segala informasi penting dengan kehati-hatian,

Menggambarkan potret pertanian yang sebenarnya.


Akhirnya, dalam harmoni hujan dan senja,

Petugas sensus pertanian berjalan tegar penuh rona bahagia,

Menyatu dengan keindahan alam Tasikmalaya yang menginspirasi,

Untuk mewujudkan kedaulatan pangan dan kesejahteraan petani.”

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota TasikmalayaJl. Sukarindik No. 71 Tasikmalaya 46151

Jawa Barat - IndonesiaE-mail: bps3278@bps.go.idTelp: +62 265 346022Fax: +62 265 346031

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik