Peningkatan Akurasi Data Inflasi Kota Tasikmalaya - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Tasikmalaya

Untuk mendapatkan data BPS silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kota Tasikmalaya. Pelayanan dibuka untuk umum setiap hari Senin-Jum'at jam 08.30-15.30. 

Selamat Datang di Website BPS Kota Tasikmalaya

Indikator makro terkini Kota Tasikmalaya: TPT (6,55%); Persentase penduduk miskin (11,53%); IPM (75,47); LPE (5,96%); Laju inflasi (2,84%).

Peningkatan Akurasi Data Inflasi Kota Tasikmalaya

Peningkatan Akurasi Data Inflasi Kota Tasikmalaya

13 November 2023 | Kegiatan Statistik


Tasikmalaya - BPS sebagai penyedia data, terus berupaya menyempurnakan akurasi berbagai data yang dihasilkan, salah satunya data inflasi. Sebagai bentuk peningkatan akurasi data, dilaksanakan survei tarif sewa/kontrak rumah, upah pembantu rumah tangga, upah baby sitter, dan uang sekolah tahun 2023 (STRABS). Survei ini bertujuan untuk memperoleh kerangka sampel terbaru untuk menggantikan kerangka sampel STRABS yang sudah tidak sesuai lagi dengan kondisi lapangan. Kegiatan pendataan STRABS 2023 dilaksanakan di 90 kota inflasi yang ada di Indonesia.


Kegiatan pendataan STRABS 2023 diawali dengan pelatihan petugas survei selama 2 (dua) hari dari tanggal 8-9 November 2023 di Hotel Santika. Pelatihan ini diikuti oleh 14 peserta yang terdiri dari 6 ASN BPS Kota Tasikmalaya dan 8 mitra statistik. Selain diberikan materi tentang STRABS 2023, pada pelatihan ini juga diberikan materi mengenai Survei Volume Penjualan Komoditas Spesifik (SVK), serta Survei Volume Penjualan Eceran Beras (SVPEB). Seluruh survei tersebut merupakan pendukung dari Survei Harga Konsumen (SHK) yang bertujuan mengumpulkan data dasar untuk penghitungan inflasi.


Kegiatan pelatihan petugas dibuka oleh Pejabat Fungsional Statistisi Madya Panca Oktianti. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini penting dilakukan agar peserta memiliki pemahaman yang sama saat pendataan lapangan sehingga diharapkan akurasi data inflasi di Kota Tasikmalaya semakin meningkat. Untuk itu seluruh peserta pelatihan harus menyimak dengan baik semua materi yang disampaikan instruktur nasional (innas). Selain itu jika ada hal-hal yang kurang jelas harus segera langsung ditanyakan dan didiskusikan dengan baik.

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota TasikmalayaJl. Sukarindik No. 71 Tasikmalaya 46151

Jawa Barat - IndonesiaE-mail: bps3278@bps.go.idTelp: +62 265 346022Fax: +62 265 346031

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik