Pelatihan Hibrid Perdana 2024 - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Tasikmalaya

Untuk mendapatkan data BPS silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kota Tasikmalaya. Pelayanan dibuka untuk umum setiap hari Senin-Jum'at jam 08.30-15.30. 

Selamat Datang di Website BPS Kota Tasikmalaya

Indikator makro terkini Kota Tasikmalaya: TPT (6,55%); Persentase penduduk miskin (11,53%); IPM (75,47); LPE (5,96%); Laju inflasi (2,84%).

Pelatihan Hibrid Perdana 2024

Pelatihan Hibrid Perdana 2024

12 Januari 2024 | Kegiatan Statistik


Tanggal 10 s.d. 11 Januari 2024 BPS Kota Tasikmalaya mengadakan Pelatihan Petugas Survei Harga Produsen (SHP) 2024, ada yang berbeda pada pelatihan kali ini, pelatihan tahun 2024 ini diawali dengan pelatihan petugas SHP dengan metode hibrid (daring dan luring), di mana pada hari pertama dilakukan secara daring dengan zoom meeting dan pada hari kedua secara luring yang dilaksanakan di Aula Kantor BPS Kota Tasikmalaya. (10/01/2024)

Pelatihan ini dibuka langsung oleh Kepala BPS Kota Tasikmalaya, Bambang Pamungkas, dalam arahannya pimpinan menyampaikan bahwa Pelatihan SHP ini merupakan pelatihan perdana di awal tahun dengan menggunakan cara covid di mana dilakukan secara daring, bedanya dilakukan dengan kombinasi yaitu selain dengan cara daring pelatihan nantinya juga dilakukan secara luring di kantor. Selain itu pelatihan secara hibrid ini juga untuk tetap menjaga kualitas data yang akan dihasilkan, tetap semangat dan ikuti SOP pelaksanaan lapangannya.


Survei ini bertujuan untuk memperoleh indeks harga di level produsen. Latar belakang diselenggarakannya Survei Harga Produsen adalah pembangunan ekonomi yang terus berlangsung seiring dengan kemajuan teknologi membuat pergeseran struktur ekonomi. Perubahan struktur ekonomi ini mengakibatkan pola perdagangan dan produksi barang dan jasa mengalami perubahan yang relatif besar. Perilaku pasar yang dinamis membuat pelaku pasar sulit memprediksi perubahan harga barang dan jasa. Indeks harga merupakan salah satu indikator perekonomian yang mampu menunjukkan perilaku dari setiap barang dan jasa sehingga dapat dijadikan dasar pembuatan kebijakan pemerintah ataupun alat analisis bagi ekonom dan peneliti.


Pembentukan harga suatu barang atau jasa pertama kali dimulai dari tingkat produsen. Fluktuasi harga ditransmisikan dari produsen ke pedagang grosir hingga sampai pada konsumen di pedagang eceran. Hal ini membuat harga produsen sebagai price leader dari level harga lainnya. Oleh karena itu, pemantauan terhadap harga produsen, yang terkompilasi dalam bentuk Indeks Harga Produsen (IHP), dapat digunakan sebagai sistem peringatan dini (early warning system) terhadap gejolak harga pada level harga selanjutnya. Di sisi lain, IHP digunakan untuk mendukung penyusunan neraca pembayaran (Balance of Payment) BPS dalam perhitungan pertumbuhan ekonomi dan sebagai bahan analisis ekonomi.


Permintaan pengguna data terhadap data IHP semakin meningkat baik dari sisi cakupan wilayah maupun cakupan kegiatan. Beberapa pengguna data sudah meminta IHP untuk level provinsi dan menambah cakupan sektor. Hal ini menjadi tantangan BPS dalam rangka pelayanan prima kepada para stakeholder yaitu dengan menyediakan data yang lengkap, akurat, dan mutakhir.




#BPS KoTas Hebat

#Keep it up !!!

#Lebih Cepat, Lebih Tepat, Lebih Baik

#Jadikan Prestasi Menjadi Sebuah Tradisi

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota TasikmalayaJl. Sukarindik No. 71 Tasikmalaya 46151

Jawa Barat - IndonesiaE-mail: bps3278@bps.go.idTelp: +62 265 346022Fax: +62 265 346031

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik