Apel Pagi Senin: “Pentingnya Data Inflasi” - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Tasikmalaya

Untuk mendapatkan data BPS silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kota Tasikmalaya. Pelayanan dibuka untuk umum setiap hari Senin-Jum'at jam 08.30-15.30. 

Selamat Datang di Website BPS Kota Tasikmalaya

Indikator makro terkini Kota Tasikmalaya: TPT (6,55%); Persentase penduduk miskin (11,53%); IPM (75,47); LPE (5,96%); Laju inflasi (2,84%).

Apel Pagi Senin: “Pentingnya Data Inflasi”

Apel Pagi Senin: “Pentingnya Data Inflasi”

22 April 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Kota Tasikmalaya -- BPS Kota Tasikmalaya melakukan apel pagi yang rutin dilakukan setiap hari Senin. Pada 22 April 2024, apel dilaksanakan di halaman kantor dengan pembina Kepala BPS Kota Tasikmalaya, Bambang Pamungkas. Apel pagi hari Senin minggu ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Kartini sehingga seluruh peserta apel mengenakan pakaian Korpri dengan atribut lengkap. Dalam amanatnya, pembina apel menyampaikan amanat dari Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS RI, Pudji Ismartini perihal pentingnya data inflasi. Indeks harga memiliki peranan penting dalam perekonomian nasional. 


BPS sebagai penyedia data telah menghasilkan indeks harga dalam berbagai level dan cakupan penghitungan, seperti Indeks Harga Produsen, Indeks Harga Perdagangan Besar, dan Indeks Harga Konsumen. Indeks Harga tersebut mampu memberikan informasi terkait perubahan kondisi perekonomian kepada pemerintah, sektor bisnis dan usaha, tenaga kerja dan masyarakat, sehingga dapat dijadikan sebagai dasar pedoman dalam mengambil keputusan ekonomi. 


Data inflasi yang dihitung oleh BPS memberikan peranan penting bagi berbagai pihak, di antaranya:

1. Bagi pemerintah, data inflasi digunakan sebagai indikator utama dalam Asumsi Dasar Ekonomi Makro (ADEM) yang menjadi acuan bagi pemerintah dalam menyusun berbagai komponen postur APBN;

2. Bagi Bank Indonesia, inflasi digunakan sebagai indikator utama dalam berbagai kebijakan moneter; 

3. Bagi pelaku usaha, inflasi digunakan sejak dini dari sisi hulu dalam serangkaian aktivitas usaha. Selain itu, keberlanjutan pembangunan nasional salah satunya juga bergantung dari kualitas indeks harga dan keberlanjutan penyajiannya, seperti dalam menetapkan Upah Minimum, Dana Alokasi Umum, dan berbagai keputusan penting nasional lainnya.



#BPSKoTasHebat

#Keepitup!!!

#LebihCepat,LebihTepat,LebihBaik

#JadikanPrestasiMenjadiSebuahTradisi

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota TasikmalayaJl. Sukarindik No. 71 Tasikmalaya 46151

Jawa Barat - IndonesiaE-mail: bps3278@bps.go.idTelp: +62 265 346022Fax: +62 265 346031

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik