Membumikan Statistik Melalui EPSS - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Tasikmalaya

Untuk mendapatkan data BPS silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kota Tasikmalaya. Pelayanan dibuka untuk umum setiap hari Senin-Jum'at jam 08.30-15.30. 

Selamat Datang di Website BPS Kota Tasikmalaya

Indikator makro terkini Kota Tasikmalaya: TPT (6,55%); Persentase penduduk miskin (11,53%); IPM (75,47); LPE (5,96%); Laju inflasi (2,84%).

Membumikan Statistik Melalui EPSS

Membumikan Statistik Melalui EPSS

14 Mei 2024 | Kegiatan Statistik Lainnya


Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai lembaga statistik nasional menjadi salah satu instansi penghasil data dan informasi statistik di Indonesia, berkomitmen untuk menyediakan statistik yang berkualitas. Di sisi lain BPS terus berupaya mewujudkan dan mengembangkan Sistem Statistik Nasional (SSN) berupa optimalisasi sumber daya dalam penyelenggaraan statistik agar tercipta SSN yang andal, efektif dan efisien. BPS harus meningkatkan perannya dalam aspek koordinasi, integrasi, sinkronisasi dan standardisasi (KISS) dengan seluruh penyelenggara kegiatan statistik, serta perannya sebagai Pembina dalam penyelenggaraan statistik sektoral.


Di Indonesia, institusi dan lembaga penghasil data atau informasi statistik bukan hanya BPS. Unit kerja pemerintahan seperti Kementerian, Lembaga Non Kementerian, Instansi Daerah juga bertanggung jawab terhadap tersedianya statistik sektoral berupa data dan informasi statistik yang berkualitas. Dalam posisinya sebagai Pembina statistik, BPS perlu mengetahui seberapa besar capaian pembangunan dalam bidang perstatistikan nasional seperti diamanatkan dalam UU No 16 Tahun 1997 tentang Statistik dan Perpres 39/2019 tentang Satu Data Indonesia.


Pemantauan dan Evaluasi Penyelenggaraan Statistik Sektoral merupakan proses penilaian terhadap pelaksanaan penyelenggaraan statistik sektoral di Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah untuk menghasilkan suatu nilai Indeks Pembangunan Statistik (IPS) yang menggambarkan tingkat kematangan (maturity level) dari pelaksanaan penyelenggaraan statistik sektoral di Instansi Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah.


Bagaimana penyelenggaraan statistik sektoral di daerahmu? Yuk membangun negeri dengan statistik yang handal dan berkualitas.


#BPSKoTasHebat

#Keepitup!!!

#LebihCepat,LebihTepat,LebihBaik

#JadikanPrestasiMenjadiSebuahTradisi

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota TasikmalayaJl. Sukarindik No. 71 Tasikmalaya 46151

Jawa Barat - IndonesiaE-mail: bps3278@bps.go.idTelp: +62 265 346022Fax: +62 265 346031

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik