Pelatihan Petugas SAKERNAS Agustus 2022 BPS Kota Tasikmalaya - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Tasikmalaya

Untuk mendapatkan data BPS silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kota Tasikmalaya. Pelayanan dibuka untuk umum setiap hari Senin-Jum'at jam 08.30-15.30. 

Selamat Datang di Website BPS Kota Tasikmalaya

Indikator makro terkini Kota Tasikmalaya: TPT (6,55%); Persentase penduduk miskin (11,53%); IPM (75,47); LPE (5,96%); Laju inflasi (2,84%).

Pelatihan Petugas SAKERNAS Agustus 2022 BPS Kota Tasikmalaya

Pelatihan Petugas SAKERNAS Agustus 2022 BPS Kota Tasikmalaya

21 Juli 2022 | Kegiatan Statistik


Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) merupakan salah satu survei yang diselenggarakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Sakernas dirancang khusus untuk mengumpulkan data ketenagakerjaan. Sakernas dilaksanakan secara semesteran, yaitu semester I pada bulan Februari dan semester II pada bulan Agustus. Tujuan umum dilaksanakannya SAKERNAS Semester II untuk menyediakan data pokok ketenagakerjaan yang berkesinambungan. Secara khusus, SAKERNAS bertujuan untuk memperoleh estimasi data jumlah penduduk yang bekerja, jumlah pengangguran, dan indikator ketenagakerjaan lainnya, serta perkembangannya yang representatif di tingkat Nasional, Provinsi dan Kabupaten/Kota.

Saat ini BPS Kota Tasikmalaya sedang mengadakan pelatihan petugas untuk kegiatan Survei Angkatan Kerja Nasional (SAKERNAS) Agustus 2022. Pelatihan dilakukan selama dua hari hari efektif secara fullday, tanggal 21-22 Juli 2022 (dari jam 08.00 sampai jam 18.00) bertempat di Hotel Grand Metro.

Pelatihan dibuka secara resmi oleh Kepala BPS Kota Tasikmalaya, Bambang Pamungkas, SST. Dalam arahannya, beliau menekankan 4 (empat) hal penting kepada semua yang hadir. Pertama, Pelaksanaan Sakernas Agustus 2022 di Kota Tasikmalaya akan menghadapi tantangan-tantangan, seperti: Pandemi Covid-19, keterbatasan SDM, anggaran, serta keterbatasan waktu. Namun, itu semua harus dihadapi secara bersama demi mewujudkan penjagaan kualitas data. “Apabila ada kendala saat pelatihan calon petugas Sakernas 2022 jadikanlah pelajaran untuk kelancaran pelaksanaan Sakernas serta disiapkan mitigasi nya”, ujar Bambang Pamungkas.

Kedua, perlu pemikiran integratif dan komprehensif dalam melaksanakan tahapan Sakernas Agustus 2022 yang dimulai dengan kegiatan pelatihan calon petugas. Ketiga, diperlukan strategi efektif untuk mengatasi berbagai keterbatasan sumber daya serta pengaturan waktu dengan tepat. Mengingat akan ada beberapa kegiatan besar di akhir tahun 2022, diantaranya September 2022 BPS akan dilaksanakan kegiatan Registrasi Sosial Ekonomi.

Lebih lanjut, Kepala BPS Kota Tasikmalaya di dalam sambutannya menekankan agar seluruh calon petugas dan Inda memperhatikan prinsip HEBAT dalam bekerja, yakni lebih cepat, lebih tepat supaya menjadi lebih baik.

 Keempat, perlu meningkatkan pengawasan pada setiap tahap kegiatan. Untuk itu, perlu membangun komunikasi yang semakin baik dan terbuka antar stakeholder. “ Ada beberapa kegiatan yang akan menjadi komponen penilaian kinerja BPS Kota Tasikmalaya terkait rangkaian pelaksanaan Sakernas Agustus 2022, yaitu pengisian quality gates, ketepatan waktu pemasukan data dan pengisian feedback fenomena. Tanpa dukungan dari berbagai pihak yang terkait pelaksanaan Sakernas Agustus 2022, penilaian kinerja tersebut menjadi sesuatu yang tidak mudah”, imbuh pria yang biasa dipanggil Pak Bepe oleh pegawai BPS Kota Tasikmalaya.

Tujuan utama pelatihan calon petugas Sakernas adalah untuk memberikan gambaran kepada calon petugas tentang pelaksanaan pendataan di lapangan mulai dari konsep, metodologi dan tata cara pendataan di lapangan agar di peroleh data ketenagakerjaan yang valid dan up to date.

Dari pelatihan ini diharapkan calon petugas dapat memahami konsep dan definisi terkait kegiatan Sakernas, mempunyai pemahaman yang sama dan mengetahui SOP pendataan yang baik dan benar. Serta, calon petugas tetap memperhatikan kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan Covid-19 serta bersungguh-sungguh mengikuti pelatihan hingga selesai. 

Semoga pelaksanaan kegiatan pelatihan Sakernas ini berjalan dengan lancar. Demikian pula dengan keseluruhan tahapan pelaksanaan Sakernas Agustus 2022 dapat berjalan lancar sesuai dengan jadwal dan menghasilkan data ketenagakerjaan yang berkualitas. AR&BS


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota TasikmalayaJl. Sukarindik No. 71 Tasikmalaya 46151

Jawa Barat - IndonesiaE-mail: bps3278@bps.go.idTelp: +62 265 346022Fax: +62 265 346031

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik