Pelatihan KSA dan Ubinan Untuk Data Statistik Tanaman Pangan Yang Berkualitas - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Tasikmalaya

Untuk mendapatkan data BPS silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kota Tasikmalaya. Pelayanan dibuka untuk umum setiap hari Senin-Jum'at jam 08.30-15.30. 

Selamat Datang di Website BPS Kota Tasikmalaya

Indikator makro terkini Kota Tasikmalaya: TPT (6,55%); Persentase penduduk miskin (11,53%); IPM (75,47); LPE (5,96%); Laju inflasi (2,84%).

Pelatihan KSA dan Ubinan Untuk Data Statistik Tanaman Pangan Yang Berkualitas

Pelatihan KSA dan Ubinan Untuk Data Statistik Tanaman Pangan Yang Berkualitas

6 November 2023 | Kegiatan Statistik


Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Tasikmalaya menggelar kegiatan pelatihan petugas survei Kerangka Sampel Area (KSA) dan ubinan tahun 2023 selama dua hari di RM. Kampung Jembar Jalan Letnan Harun Kota Tasikmalaya yang dimulai tanggal 6-7 November 2023. Pelatihan ini diikuti oleh sebanyak 15 orang peserta yang terdiri dari 13 orang PCL dan 2 orang PML, 1 orang panitia, serta 1 orang instruktur daerah. Para peserta berasal dari pegawai organik BPS Kota Tasikmalaya, mitra statistik, serta pegawai DKP3 Kota Tasikmalaya.


Kegiatan pelatihan dibuka langsung oleh Kepala BPS Kota Tasikmalaya, Bambang Pamungkas. Dalam sambutannya disampaikan bahwa survei ubinan bertujuan memperoleh data produktivitas tanaman pangan yang diperlukan dalam penghitungan angka produksi tanaman pangan. Adapun metode KSA diterapkan sebagai upaya memperoleh data untuk estimasi luas panen padi serta palawija yang lebih akurat, objektif dan real time.


Sebagaimana diketahui bahwa sektor pertanian merupakan sektor utama yang berperan penting pada perekonomian, sehingga ketersediaan data sektor pertanian (terutama tanaman pangan) yang lengkap, akurat, dan terkini sangat dibutuhkan sebagai acuan bagi pemerintah maupun para pemangku kepentingan dalam perencanaan dan perumusan kebijakan. Hasil yang diharapkan dari kegiatan pelatihan ini adalah tersedianya petugas yang handal dan kompeten dalam melaksanakan tugas di lapangan pada kegiatan Survei KSA dan ubinan sehingga pelaksanaan lapangan dapat berjalan sesuai SOP yang telah ditetapkan dan dapat menghasilkan data statistik tanaman pangan yang berkualitas.


#BPS KoTas Hebat

#Keep it up !!!

#Lebih Cepat, Lebih Tepat, Lebih Baik

#Jadikan Prestasi Menjadi Sebuah Tradisi

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota TasikmalayaJl. Sukarindik No. 71 Tasikmalaya 46151

Jawa Barat - IndonesiaE-mail: bps3278@bps.go.idTelp: +62 265 346022Fax: +62 265 346031

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik