Jalan Gubernur Sewaka: Mengenang Tasikmalaya Pernah Jadi Ibukota Jawa Barat - News - BPS-Statistics Indonesia Tasikmalaya Municipality

To get BPS data, please come to BPS-Statistics Tasikmalaya Municipality. The service is open every Monday-Friday at 08.30-15.30.

Welcome to BPS-Statistics Tasikmalaya Municipality

Tasikmalaya Municipality latest macro indicators: TPT (6.55%); Percentage of poor people (11,53%); HDI (75,47); LPE (5.96%); Inflation rate (2.84%).

Jalan Gubernur Sewaka: Mengenang Tasikmalaya Pernah Jadi Ibukota Jawa Barat

Jalan Gubernur Sewaka: Mengenang Tasikmalaya Pernah Jadi Ibukota Jawa Barat

May 21, 2024 | Other Activities


Tasikmalaya, suatu kota kecil di Priangan Timur jaman itu, menjadi pusat pemerintahan Jawa Barat saat Bandung Lautan Api pada 1946. Pemindahan ibu kota provinsi Jawa Barat ke Tasikmalaya merupakan langkah darurat buntut dari peristiwa monumental Bandung Lautan Api pada 23 Maret 1946.


Adalah Raden Tumenggung Aria atau dikenal sebagai Raden Mas Sewaka, bergerilya dan berpindah-pindah di wilayah pinggiran Tasikmalaya, menjalankan roda pemerintahan sambil mempertahankan tanah kita. Dapat dikatakan bahwa pemindahan ibu kota provinsi Jawa Barat waktu itu, dengan dimotori oleh Raden Mas Sewaka, lebih dimaknai kepada upaya penyelamatan eksistensi pemerintahan akibat keadaan darurat.


Raden Mas Sewaka terhitung sebagai Gubernur Jawa Barat ke-4. Dikarenakan situasi Bandung setelah peristiwa Bandung Lautan Api tidak menentu dan genting, Pada Juni 1946, jabatan Gubernur Jawa Barat beralih dari Datuk Djamin kepada Murjani, yang selanjutnya pada 1 April 1947 jabatan Gubernur Jawa Barat berganti kembali dari Murjani kepada Sewaka yang sebelumnya ditugaskan Presiden Soekarno membantu Murjani, pada 1 April 1947, Sewaka diangkat menjadi Gubernur Jawa Barat.


Betapa tidak, demi mempertahankan keberadaan pemerintah RI di Jawa Barat waktu itu, secara heroik Raden Mas Sewaka ikut berjuang dalam Penghadangan konvoi Belanda di jembatan Citanduy! (yang menghubungkan Tasikmalaya-Ciamis). Meskipun waktu itu Belanda berhasil menduduki Tasikmalaya, semangat juang tentara Siliwangi dan masyarakat Tasikmalaya telah menanamkan nilai-nilai patriotisme.


Raden Mas Sewaka, gubernur kita, waktu itu telah berjuang habis-habisan untuk Jawa Barat. Kita pantas berbangga dengan sejarah kita. Mari kita terus mengenang dan belajar dari perjuangan mereka. Sehingga pantas, nama Raden Mas Sewaka alias Raden Tumenggung Aria, diabadikan menjadi salah satu nama jalan lingkar di wilayah Kota Tasikmalaya: Jalan Gubernur Sewaka.



#BPSKoTasHebat

#Keepitup!!!

#LebihCepat,LebihTepat,LebihBaik

#JadikanPrestasiMenjadiSebuahTradisi

Badan Pusat Statistik

BPS-Statistics Indonesia

Badan Pusat Statistik Kota TasikmalayaJl. Sukarindik No. 71 Tasikmalaya 46151

Jawa Barat - IndonesiaE-mail: bps3278@bps.go.idTelp: +62 265 346022Fax: +62 265 346031

logo_footer

Manual

ToU

Links

Copyright © 2023 BPS-Statistics Indonesia