Pembinaan Satu Data Indonesia di Kota Tasikmalaya - Berita - Badan Pusat Statistik Kota Tasikmalaya

Untuk mendapatkan data BPS silahkan datang ke Pelayanan Statistik Terpadu (PST) BPS Kota Tasikmalaya. Pelayanan dibuka untuk umum setiap hari Senin-Jum'at jam 08.30-15.30. 

Selamat Datang di Website BPS Kota Tasikmalaya

Indikator makro terkini Kota Tasikmalaya: TPT (6,55%); Persentase penduduk miskin (11,53%); IPM (75,47); LPE (5,96%); Laju inflasi (2,84%).

Pembinaan Satu Data Indonesia di Kota Tasikmalaya

Pembinaan Satu Data Indonesia di Kota Tasikmalaya

27 Juli 2022 | Kegiatan Statistik Lainnya


Tasikmalaya, Selasa, 28 Juni 2022, di Aula Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Tasikmalaya, dilaksanakan Acara Pembinaan Data dan Informasi Pembangunan bagi Pengelola Data Pemerintah Daerah dengan Tema “Mewujudkan Satu Data Kota Tasikmalaya”.

 

Pembukaan dihadiri oleh Kadiskominfo Kota Tasikmalaya, Sekretaris Bappelitbangda Kota Tasikmalaya, dan Narasumber dari BPS Kota Tasikmalaya serta Narasumber dari Bappelitbanda Kota Tasikmalaya.

 

Dalam sambutannya, Kabid Litbang Bappelitbanda Kota Tasikmalaya, Bapak Tatang Supriatna atas nama Kepala Bappelitbangda Kota Tasikmalaya menyampaikan bahwa Satu Data (SDI) Indonesia-Kota Tasikmalaya itu suatu kebutuhan bukan sekedar kewajiban. Pengelolaannya SDI itu penting, salah satunya dengan kepatuhan pengisian Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD). Di mana SIPD adalah pengelolaan informasi pembangunan daerah, informasi keuangan daerah, dan informasi Pemerintahan Daerah lainnya yang saling terhubung untuk dimanfaatkan dalam penyelenggaraan pembangunan daerah.

 

Selanjutnya, Kadiskominfo Kota Tasikmalaya, Drs. H. Asep Maman Permana, M.Si,  menyampaikan bahwa untuk ASN di Pemkot Tasikmalaya yang secara tugas dan fungsi sebagai Pengelola Data Pemerintah Daerah hendaknya memiliki kesadaran yang tinggi dari rumah supaya menyadari bahwa output kinerja yang dihasilkan adalah data. “Mensejahterakan tidak hanya melulu dengan memberikan sembako yang murah, namun memberikan data dan informasi yang akurat, berkualitas, itu juga penting sebagai dasar pemerintah membangun kesejahteraan masyarakat”, lanjutnya.

 

Di akhir paparan, Kadiskominfo Kota Tasikmalaya mengatakan bahwa data harus mengikuti kaidah pembangunan statistik, standar, dan metadata, yang secara teknis akan disampaikan oleh narasumber dari BPS Kota Tasikmalaya. Oleh karena itu, manfaatkan dengan baik forum satu data ini oleh Perwakilan Pengelola Data Pemerintah Daerah supaya data statistik sektoral yang dihasilkan semakin berkualitas.

 

Selanjutnya, mengawali sesi paparannya, Kepala BPS Kota Tasikmalaya, Bambang Pamungkas, mengapresiasi portal opendata Diskominfo yang telah menggunakan platform framework CKAN. Kepala BPS Kota Tasikmalaya juga menyampaikan bahwa dalam aksi perubahan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA), telah dibuat portal satasik di alamat https://satasik.tasikmalayakota.go.id, di mana fungsinya sebagai pembinaan statistik berbasis web dan data hub Satu Data Indonesia di Kota Tasikmalaya.

 

Di sela-sela paparannya, yang diberi tajuk “Indeks Pembangunan Statistik sebagai alat ukur penyelenggaraan Satu Data Indonesia”, beliau menyampaikan beberapa hal penting. Pertama,  Tim BPS Kota Tasikmalaya juga telah menyiapkan template untuk metadata dan standar data, OPD/Camat perlu mengikuti template tersebut untuk mengisikan series data statistik sektoralnya. Untuk pembangunan Satu Data Indonesia harus mengedepankan semangat kolaborasi. Kedua, pembangunan statistik juga salah satunya mendorong OPD/Camat agar mengusulkan secara mandiri rekomendasi statistik melalui portal https://romantik.bps.go.id. Secara lebih rinci dan teknis, mengenai prosedur dan tatacara pengisian romantik, dapat menghubungi Tim IPDS BPS Kota Tasikmalaya, dengan person in charge Kang Aris Rusyiana. Di acara forum data juga, BPS Kota Tasikmalaya meminta partisipasi pengelola data untuk mengisikan Survei Kepuasan Data yang kuesionernya sudah disiapkan oleh Tim IPDS BPS Kota Tasikmalaya yang dikomandoi, Kang Munir dkk. AR


Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik

Badan Pusat Statistik Kota TasikmalayaJl. Sukarindik No. 71 Tasikmalaya 46151

Jawa Barat - IndonesiaE-mail: bps3278@bps.go.idTelp: +62 265 346022Fax: +62 265 346031

logo_footer

Tentang Kami

Manual

S&K

Daftar Tautan

Hak Cipta © 2023 Badan Pusat Statistik